Minggu, 11 Mei 2014

Cara Beternak Burung Puyuh Petelur

Ada dua Cara beternak burung puyuh petelur yang lajim diaplikasikan oleh peternak puyuh saat ini,

Pertama
adalah dengan sistem kandang litter 





Kedua 
beternak puyuh dengan kandang baterai.



Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Pembuatan kandang litter burung puyuh lebih efisien bila dibandingakn dengan membuat kandang baterai, namun perawatan dan panen telur puyuh jauh lebih mudah bila kita membudidayakan puyuh petelur di kandang baterai. Pada kandang litter telur puyuh sering sekali tertimbun dalam tumpukan litter, sehingga sering terinjak oleh puyuh atau peternak yang hendak memanen telur.

Kandang litter; kandang yang didalamnya terdapat litter.

Litter adalah alas lantai sebuah kandang yang terbuat dari serbuk atau butiran-butiran benda yang mampu menyerap air dan bersifat cukup lembut. Kandang litter ini ada dua jenis; Kandang litter panggung: Biasa digunakan pada peternakan ayam broiler (ras), kandang litter panggung ini sewaktu-waktu bisa diubah menjadi kandang baterai, caranya cukup dengan mengangkat (membuang litter). Beberapa bahan yang dapat dijarikan litter; serbuk gergaji (serbuk kayu) sekam padi, dan jerami. 

Kekrangan budidaya ternak puyuh di kandang litter salah satunya adalah puyuh mudah

terkena gangguan pernapasan jika litter terlalau lama atau tidak diganti, litter harus diganti sesering mungkin, jika litter sudah memadat maka kadar amoniak di kandang puyuh pasti akan meningkat. Kelebihan menggunakan litter terletak pada kesehatan ternak puyu terutama kesehatan kaki sebab litter jauh lebih lembut dibandingkan dengan lantai kandang baterai yang umumnya terbuat dari jerejak kayu atau anyaman kawat. Kandang litter melantai, kandang ini selamanya hanya bisa dibuat menjadi kandang litter karena litter akan ditebar di lantai dasar kandang. Biaya kandang litter melantai ini jauh lebih murah dibandingkan kandang litter panggung.

Burung puyuh petelur sebenarnya sama saja dengan puyuh pedaging, dimana puyuh pedaging didapatkan dari ternak puyuh petelur yang telah afkir. Puyuh afkir adalah burung puyuh yang sudah tidak mampu lagi menghasilkan telur secara ekonomis. Sebagai seorang peternak yang hendak memulai bisnis budidaya puyuh ada hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu, diantaranya:

Lokasi peternakan puyuh; harus diketahui bahwa puyuh gampang stress ketika tingkat kebisingan lingkungan cukup tinggi. Jika puyuh petelur mengalami stress bisa dipastikan puyuh tersebut tidak akan berproduksi (bertelur). Oleh karena itu usahakan kandang puyuh jauh dari kebisingan. Burung puyuh akan tumbuh sehat di tempat yang teduh, jadi alangkah baiknya kandang puyuh diletakkna di bawah pepohonan rindang. Jika anda tinggal di lingkungan yang padat penduduk maka budidaya puyuh tidak cocok untuk bisnis anda. Di lingkukang padat penduduk bisnis budidaya peternakan yang cocok mungkin hanya ikan lele dan belut.

Pemasaran telur dan daging, sebelum anda memulai ternak puyuh pastikan bahwa di daerah anda ada penampung telur puyuh. Hal ini karena puyuh termasuk salah satu burung yang produksi telurnya sangat tinggi yakni mencapai 300 butir/ tahun. Jika anda memelihara puyuh dalam skala besar maka saluran pemasaran sudah benar-benar ada sebab daya tahan telur puyuh yang baik cukup singkat hanya 3 minggu saja.


Selanjutnya gambaran garis besar cara beternak burung puyuh petelur:

Siapkan kandang di lahan yang tepat, dan arah yang tepat (memanjang dari timur ke barat)
Pesan bibit, anda bisa memesan puyuh dara agar lebih mudah dalam perawatannya dan tingkat kematian juga rendah. Alternatif lain anda bisa juga membeli mesin tetas dan menetaskan telur puyuh sendiri; dalam hal ini anda harus benar-benar mengetahui ciri-ciri telur yang fertil.Cara Beternak Burung Puyuh Petelur

Ada dua Cara beternak burung puyuh petelur yang lajim diaplikasikan oleh peternak puyuh saat ini, yang pertam adalah dengan sistem kandang litter dan yang kedua beternak puyuh dengan kandang baterai. 

Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pembuatan kandang litter burung puyuh lebih efisien bila dibandingakn dengan membuat kandang baterai, namun perawatan dan panen telur puyuh jauh lebih mudah bila kita membudidayakan puyuh petelur di kandang baterai. Pada kandang litter telur puyuh sering sekali tertimbun dalam tumpukan litter, sehingga sering terinjak oleh puyuh atau peternak yang hendak memanen telur.




Kandang litter; kandang yang didalamnya terdapat litter. Litter adalah alas lantai sebuah kandang yang terbuat dari serbuk atau butiran-butiran benda yang mampu menyerap air dan bersifat cukup lembut. Kandang litter ini ada dua jenis; Kandang litter panggung: Biasa digunakan pada peternakan ayam broiler (ras), kandang litter panggung ini sewaktu-waktu bisa diubah menjadi kandang baterai, caranya cukup dengan mengangkat (membuang litter). Beberapa bahan yang dapat dijarikan litter; serbuk gergaji (serbuk kayu) sekam padi, dan jerami. 

Kekrangan budidaya ternak puyuh di kandang litter salah satunya adalah puyuh mudah terkena gangguan pernapasan jika litter terlalau lama atau tidak diganti, litter harus diganti sesering mungkin, jika litter sudah memadat maka kadar amoniak di kandang puyuh pasti akan meningkat. Kelebihan menggunakan litter terletak pada kesehatan ternak puyu terutama kesehatan kaki sebab litter jauh lebih lembut dibandingkan dengan lantai kandang baterai yang umumnya terbuat dari jerejak kayu atau anyaman kawat. Kandang litter melantai, kandang ini selamanya hanya bisa dibuat menjadi kandang litter karena litter akan ditebar di lantai dasar kandang. Biaya kandang litter melantai ini jauh lebih murah dibandingkan kandang litter panggung.

Burung puyuh petelur sebenarnya sama saja dengan puyuh pedaging, dimana puyuh pedaging didapatkan dari ternak puyuh petelur yang telah afkir. Puyuh afkir adalah burung puyuh yang sudah tidak mampu lagi menghasilkan telur secara ekonomis. Sebagai seorang peternak yang hendak memulai bisnis budidaya puyuh ada hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu, diantaranya:

Lokasi peternakan puyuh; harus diketahui bahwa puyuh gampang stress ketika tingkat kebisingan lingkungan cukup tinggi. Jika puyuh petelur mengalami stress bisa dipastikan puyuh tersebut tidak akan berproduksi (bertelur). Oleh karena itu usahakan kandang puyuh jauh dari kebisingan. Burung puyuh akan tumbuh sehat di tempat yang teduh, jadi alangkah baiknya kandang puyuh diletakkna di bawah pepohonan rindang. Jika anda tinggal di lingkungan yang padat penduduk maka budidaya puyuh tidak cocok untuk bisnis anda.


Bibit Puyuh Unggul Berkualitas

Bibit puyuh berkualitas

Untuk memelihara dan menernakan burung puyuh secara komersial, baik bibit puyuh pedaging maupun petelur tidak terlalu rumit perawatannya. Bahkan bila dibandingkan dengan menernakan ayam, jauh lebih enteng dan efisien. Mengingat, memelihara burung puyuh tidak memerlukan kandang dan lahan yang luas.
Bila melihat prospeknya, beternak burung puyuh bisa dijadikan sebagai usaha sampingan ataupun profesi. Sebab, telur maupun daging burung puyuh, kini mulai digemari masyarakat dari berbagai kalangan. Hanya saja, tingkat produktivitasnya masih jauh dari mencukupi permintaan pasar. Masalahnya, sampai saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui prospek, cara beternak, memperoleh bibit dan pemeliharaannya dengan cara komersial.



Padahal kehadiran burung puyuh ini telah dikenal orang sejak lama. Hanya tempo dulu banyak orang memeliharanya sebatas hobi dan tidak dikembangkan secara bisnis. Namun akhir-akhir ini, setelah meningkatnya jumlah kebutuhan gizi masyarakat, permintaannya semakin meningkat termasuk daging dan telur puyuh.
Bila melihat kandungan gizi daging dan telur burung puyuh cukup tinggi, bahkan sebanding dengan daging dan telur ayam, itik dan hewan unggas lainnya. Sehingga, masyarakat akhir-akhir ini, mulai menggemari daging dan telur puyuh. Sebab daging puyuh dan telur puyuh selain enak dan lezat rasanya, juga dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, terutama telurnya.

VITAMIN Burung puyuh

Vitamin tambahan diberikan karena vitamin yang terkandung pada pakan hanya mendukung kehidupan puyuh dalam kondisi biasa, tidak ada gangguan berupa perubahan suasana ataupun perlakukuan. Jika kesulitan mengenali jenis-jenisnya, toko pakan/obat hewan akan membanttu memilih produk yang tepat untuk keperluan ini.
Penambahan vitamin pertama pada saat puyuh turun boks dan dipindah ke dalam brooder. Pada umur 1-7 hai, setiap hari (2x sehari) puyuh diberi vitamin khusus untuk DOQ (vitamin Mix, biasanya bermerek dengan akiran 'chicks'). Dosis mengikuti petunjuk pada kemasanya.




Pada umur 8-19 hari, vitamin itu masih diberikan, tetapi hanya 1 x sehari pada pagi saja atau sore saja. Pada umur 25 dan 26 hari, vitamin itu diberikan pada pagi hari. vitamin ini diberikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi penyakit. Ada beberapa jenis vitamin yang didalamnya juga sudah dicampur dengan antibiotik.

Pada umur 20 hari, sehari sebelum vaksinasi ND ke-2, puyuh diberi vitamin mix anti stress. Begitu juga setelah vaksinasi. Pada umur 28 hari vitamin antistres diberikan lagi karena sehari sesudahnya puyuh diberikan vaksin AI pertama. sesaat setelah vaksinasi AI puyuh kembali diberi vitamin anti stress hingga 3 hari sesudahnya.

Vitamin antistress diberikan pada waktu pergantian pakan starter ke pakan layer pada waktu mulai bertelur. sebab pada kondisi awal bertelur ini terjadi perubahan hormonal di tubuh puyuh sehingga dapat memicu stress. Sedikit saja stress akan menjadi pintu masuk penyakit sehingga produksi telur terganggu, dan selanjutnya akan sulit mengejar standar produksi telur.


MAKANAN Burung Puyuh

Pada habitat aslinya Burung puyuh memakan biji-bijian, daun serta serangga yang ditemuinya. Makanan yang diperoleh dari alam ini mampu mencukupi semua kebutuhan puyuh untuk bereproduksi.Pada setiap perkembangan dan pertumbuhannya, burung puyuh membutuhkan pakan dengan kualitas pakan yang berbeda.Umumnya pembedaan kualitas pakan ditandai dengan kadar protein kasar yang terkandung di dalam pakan tersebut.Sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya benar karena kualitas pakan tidak hanya tergantung pada kadar protein kasar yangterkandung di dalamnya, tetapi juga kandungan zat-zat lain seperti karbohidrat, vitamin, lemak serta mineral.Puyuh yang berada pada periode starter umumnya membutuhkan pakan dengan kualitas tinggi, hingga mencapai 25%.Hal ini disebabkan puyuh yang berada pada periode starter ini belum mampu mengonsumsikan dalam jumlah banyak, sedangkan untuk proses pertumbuhannya membutuhkan zat-zat makanan dalam jumlah yang cukup.



Sementara itu puyuh pada periode grower membutuhkan kadar protein di dalam pakan sebanyak 20-22%.Selain pakan yang berkualitas, jumlah pemberian pakan juga memegang peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan puyuh.Kekurangan jumlah pakan juga bisa mengakibatkan menurunnya laju pertumbuhan atau menurunnya produksi.

Kebutuhan jumlah pakan untuk puyuh, seperti halnya ternak-ternak lainnya ,biasanya sekitar 10% dari berat hidupnya.Angka kebutuhan ini biasanya berada di titik ideal ketika puyuh berumur lebih dari delapan minggu.Sebelum itu puyuh membutuhkan pakan lebih dari 10% dari berat badannya. Misalnya sampai umur tujuh hari , dengan berat badan sekitar 10 gram, puyuh membutuhkan pakanseberat 2-3 gram per hari.Penambahan jumlah pakan lebih dari 10% selain tidak ekonomis, terbukti juga tidak meningkatkan performa produksi puyuh.Sebelum dilakukan penambahan, perlu diketahui dulu penyebab puyuh masih terlihat kelaparan.Beberapa penyebab yang bisa diidentifikasi diantaranya pakan banyak terbuang ke luar kandang, penimbangan kurang akurat, atau jatah pakan memang harus ditambah.Ransum puyuh harus mencukupi kebutuhan beberapa gizi berikut ini agar dapat berproduksi dengan baik .

A. Air

Air adalah komponen terbanyak dari jaringan hewan atau tumbuhan.Hampir semua bahan bsku pakan alami mengandung air sebagai komponen terbanyak.Kandungan air dalam jumlah banyak dalam bahan pakan ternyata mengandung masalah. Bahan pakan dengan kadar air sangat tinggi cenderung mudah rusak.

B.Protein

Berbagai jaringan hewan banyak dibentuk oleh protein, yang merupakansenyawa organik yang terdiri dari karbon,hidrogen, oksigen, nitrogen, dan sulfur dengan komposisi yang berbeda-beda.Protein terdiri dari aneka asam amino. Saat ini sudah diidentifikasikan 22 jenis asam amino, baik asam amino essensial maupun non essensial, termasuk dalam bahan pakan kaya protein adalah bungkil kedelai dan tepung ikan.

C. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan senyawa kimia yang merupakan sumber energi. Jagung, gandum, sorgum, atau padi-padian merupakan bahan pakan yang banyak mengandung energi (karbohidrat).

D. Lemak

Lemak terdiri dari asam-asam lemak. Sedikitnya ada 17 jenis asam lemak yang berhasil diidentifikasi atau diisolasi dari alam. Dalam tubuh, lemak merupakan sumber cadangan energi.

E. Mineral

Meskipun hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sangat sedikit, mineral merupakan komponen yang cukup penting dalam membantu berlangsungnya berbagai proses di dalam tubuh.Biasanya, mineral diberikan dalam bentuk garam-garam anorganik. Selain itu bahan pakan kaya mineral yang biasa dicampurkan dalam pakan ternak adalah tepung kerang atau tepung tulang.

F. Vitamin

Dalam jumlah yang sedikit, vitamin juga dibutuhkan dalam berbagai proses di dalam tubuh. Defisiensi vitamin bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan dan produksi burung puyuh.Jika di dalam pakan tersebut terdapat sejumlah vitamin dalam kadar yang berlebihan, vitamin-vitamin itu akan dikeluarkan dari tubuh melalui ginjal.
Pada pemeliharaan burung puyuh yang memiliki kemungkinan stres tinggi ,segala jenis vitamin dibutuhkan dalam jumlah yang lebih banyak. Air Minum Puyuh

Air adalah inti kehidupan.

Ungkapan ini tidak sepenuhnya salah, karena 60-80% komponen penyusun makhluk hidup adalah air.Demikian halnya dengan puyuh.Tidak mengherankan jika tubuh puyuh kekurangan atau kehilangan air 10% saja bisa menyebabkan gangguan-gangguan fisiologis yang serius dan berdampak pada penurunan produksi.Kekurangan atau kehilangan air sampai 20% bisa menyebabkan kematian. Puyuh membutuhkan air untuk dikonsumsi sesuai kebutuhannya.Pemberian air minum pada puyuh biasanya dilakukan tanpa pembatasan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya dampak buruk terhadap pertumbuhannya.Beberapa kelainan yang dijumpai pada puyuh akibat kekurangan air sebagai berikut :

1. Pertumbuhan lambat, puyuh terlihat lesu dan tidak bergairah
2. Warna bulu kusam.
3. Mata terlihat sayu.
4. Kulit kurang elastis.
5. Produktivitasnya
6. Jika air sudah tercemar logam berat atau racun

PUYUH bisa mati. Lebih berbahaya lagi jika kandungan logam berat tersebut terbawa dalam produk yang dihasilkan puyuh, yakni telur atau daging.
Hal ini bisa membahayakan orang yang mengkonsumsinya. Air yang digunakan untuk pemberian minum untuk burung puyuh bisa diambil dari beberapa sumber seperti berikut ini yaitu :

A. Air sumur 

Sebelum air sumur digunakan sebagai minuman puyuh, sebaiknya air sumur dianalisis terlebih dahulu di laboraturium supaya kualitasnya bisa diketahui dengan baik.Jika ternyata kualitasnya kurang baik maka sebaiknya air hanya digunakan untuk membersihkan peralatan kandang puyuh dan bisa diberikan air minum dari sumber yang lain, misalnya PAM.

B. Air sungai

Hampir bisa dipastikan bahwa air sungai sangat tidak higienis untuk digunakan, baik untuk mencuci peralatan kandang apalagi untuk minum.Hal ini karena air sungai memiliki pH cenderung asam akibat banyaknya proses fermentasi dan pembusukan bahan organik pada bagian hulu sungai.
Selain itu air sungai juga memiliki kandugan bakteri E. coli yang cukupvtinggi, karena sungai-sungai di Indonesia biasanya juga digunakan untuk buang air besar (WC).Selain itu kandungan bahan-bahan kimia berupa logam berat yang bersifat karsinogenik (bisa menyebabkan kanker) juga cukup tinggi, karena air sungai-sungai tersebut juga digunakan sebagai sarana mandi dan bahkan sebagai tempat pembuangan limbah industri.

C. Air PAM

Merupakan air yang bersumber dari tanah atau sungai yang telah mengalami proses pembersihan, sehingga aman dan ideal untuk dikonsumsi secara langsung oleh puyuh.Tidak bisa disangkal bahwa pipa-pipa saluran air PAM yang ada di Indonesia masih berupa pipa besi yang mudah berkarat jika terkena air.Mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh perkaratan tersebut sebaiknya air PAM dibiarkan dahulu selama semalam sebelum digunakan sebagai air minum.Hal ini dimaksudkan untukmengurangi atau mengendapkan kandungan mineral atau bahan lainnya, seperti klor yang dalam tinggi bisa menyebabkan gangguan metabolisme pada tubuh.

D. Air sumur 

Air yang berasal dari sumur artesis umumnya, bebas dari bakteri E.coli, karena biasanya bakteri ini tidak bisa hidup di kedalaman lebih dari 100 meter di bawah tanah.Pembuatan sumur artesis ini merupakan cara yang paling aman, sekaligus cara yang paling mahal. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian air minum burung puyuh diantaranya sebagai berikut :

1. Derajat keasaman (pH) air

Derajat keasaman (pH) air yang normal bagi burung puyuh adalah 6,8-7,2. Burung puyuh memiliki toleransi dan masih mau mengonsumsi air dengan kadar keasaman 6,4-8,0.Jika air terlalu asam bisa ditambahkan soda kue dan jika air terlalu basa bisa ditambah dengan sitrat.

2. Derajat kesadahan air

Air dengan derajat kesadahan tinggi biasanya mengandung ion Ca (kalsium) dan Mg (magnesium) yang cukup tinggi.Air dengan derajat kesadahan tinggi bisa menyebabkan rendahnya kelarutan beberapa preparat antibiotika dan disinfektan.

3. Air sumur
Jika digunakan sebagai pelarut vaksin bisa menyebabkan kerusakan vaksin aktif. Konsumsi yang terus menerus bisa menyebabkan puyuh mengalami diare serius. Menetralisir air seperti ini bisa dilakukan dengan menggunakan senyawa polopospat.

4.Warna air

Air yang berkualitas biasanya bening atau tidak berwarna. Air yang terlihat keruh sebaiknya tidak digunakan untuk air minum puyuh.Air tersebut bisa digunakan untuk mencuci peralatan kandang denganproses pembilasan air bersih pada akhir proses pencucian.

5. Kandungan logam berat

Logam berat yang berbahaya diantaranya Hg (mercuri) dan Cu (tembaga). Biasanya air yang mengandung logam berat berasal dari lingkungan industri yang tidak memiliki sarana pengolah limbah.Konsumsi logam berat dalam jumlah tertentu bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan dan tingkat produksi.Terdapat kecederungan perlambatan pertumbuhan dan gangguan produksi pada puyuh-puyuh yang diberi pakan yang mengandung logam berat.Konsumsi secara terus-menerus juga bisa menyebabkan kematian puyuh akibat keracunan. Kalaupun puyuh tidak mati, keberadaan logam berat akan terus terbawa dalam daging atau telur yang dihasilkan.Dengan demikian jelas hal ini akan membahayakan manusia yang mengonsumsi daging atau telur tersebut.

6. Kandungan mikroorganisme

Mikroorganisme yang biasa ditemukan di dalam air adalah bakteri E.coli. Secara umum mikroorganisme ini akan memperburuk konversi pakan, meningkatkan kematian puyuh, serta menyebabkan diare pada puyuh.Buruknya konversi pakan akan menyebabkan semakin banyak puyuh yang diapkir,karena laju pertumbuhannya buruk.

Pemberian preparat klorin sebanyak 1-2 ppm bisa membantu mengurangi jumlah mikroorgnisme di dalam air.Pemberian air yang sudah diberi klorin tidak bisa langsung , tetapi harus ditunggu sampai enam jam, setelah itu air baru bisa diberikan pada puyuh.Pemberian kualitas air yang rendah pada burung puyuh akan menyebabkan peningkatan kematian burung puyuh, akibatnya kadar amoniak di dalam kandang meningkat yang jika tidak segera diatasi akan menyebabkan berjangkitnya penyakit-penyakit yang bisa menyerang organ-organ pernapasan.



Demikianlah tentang berbagai Merawat Burung puyuh petelur...Selamat Mencoba Terima KAsih :-)



29 komentar:

  1. Terimakasih informasinya.
    Salam kami www.undanganwongjogja.com , pin bb: 32394442

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAYA BENAR BENAR TIDAK PERCAYA DAN HAMPIR PINSANG KARNA
      ANKA YANG DIBERIKAN OLEH MBAH TARJO TERNYATA TEMBUS,
      AWALNYA SAYA COBA COBA MENELPON DAN SAYA MEMBERITAHUKAN
      SEMUA KELUHAN SAYA KEPADA MBAH TARJO,ALHAMDULILLAH
      MBAH TARJO TELAH MEMBERIKAN SAYA SOLUSI YANG SANGAT
      TEPAT DAN DIA MEMBERIKAN ANGKA YANG BEGITU TEPAT..,
      MULANYA SAYA RAGU TAPI DENGAN PENUH SEMANGAT ANKA YG
      DIBERIKAN MBAH TARJOITU SAYA KALI 69 LEMBAR
      DAN SYUKUR ALHAMDULILLAH BERHASIL,SESEKALI LAGI MAKASIH
      BANYAK YAA MBAH,SAYA TIDAK AKAN LUPA BANTUAN DAN BUDI
      BAIK MBAH TARJO YANG MEMBANTU SAYA SELAMA 5X PUTARANG
      BERTURUT-TURUT TEMBUS DAN,JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN
      HUBUNGI MBAH TARJO DI NO 085 222 846 749
      TERIMAH KASIH

      Hapus
    2. SAYA SANGAT BERSYUKUR KEPADA ALLAH DAN SANGAT BERTERIMAKASIH BANYAK KEPADA MBAH TARJO,ATAS BANTUANNYA YANG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA YAITU {6007 DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..WAKTU SAYA DIBERI TAU SAMA TEMAN KALAU ANKA YANG SAYA PASAN NAIK,SAYA HAMPIR PINSAN DAN TIDAK PERCAYA TAPI INI JUGA BENER2 KENYATAAN,,BERKAT BANTUAN MBAHTARJO KINI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUANYA DAN RUMAH JUGA YAGA DILUNYA SEMPAT KUGADAIKAN KINI SAYA SUDAH MENEBUSNYA KEMBALI..SYUKUR ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,,DAN JIKA ANDA INGIN ANKA JITU DAN BUKAN OBRAL JANJI YG SERING ANDA DAPATKAN SILAHKAN HUBUNGI MBAH TARJO DI 085-222-846-749 DIJAMIN INSYA ALLAH 100% PASTI TEMBUS

      Hapus
    3. TEMBUZ PNDANG YA MAS ...

      Hapus
    4. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      Hapus
    5. Sentra peternakan puyuh terbesar dijawabarat
      http://www.rudipuyuhindramayu.com membrikan program pelatihan, kemitraan dan kredit pembelian burung puyuh.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. SAYA BENAR BENAR TIDAK PERCAYA DAN HAMPIR PINSANG KARNA
      ANKA YANG DIBERIKAN OLEH MBAH TARJO TERNYATA TEMBUS,
      AWALNYA SAYA COBA COBA MENELPON DAN SAYA MEMBERITAHUKAN
      SEMUA KELUHAN SAYA KEPADA MBAH TARJO,ALHAMDULILLAH
      MBAH TARJO TELAH MEMBERIKAN SAYA SOLUSI YANG SANGAT
      TEPAT DAN DIA MEMBERIKAN ANGKA YANG BEGITU TEPAT..,
      MULANYA SAYA RAGU TAPI DENGAN PENUH SEMANGAT ANKA YG
      DIBERIKAN MBAH TARJOITU SAYA KALI 69 LEMBAR
      DAN SYUKUR ALHAMDULILLAH BERHASIL,SESEKALI LAGI MAKASIH
      BANYAK YAA MBAH,SAYA TIDAK AKAN LUPA BANTUAN DAN BUDI
      BAIK MBAH TARJO YANG MEMBANTU SAYA SELAMA 5X PUTARANG
      BERTURUT-TURUT TEMBUS DAN,JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN
      HUBUNGI MBAH TARJO DI NO 085 222 846 749
      TERIMAH KASIH

      Hapus
  4. Saya tertarik untuk budidaya burung puyuh dan sudah banyak dpt ilnu dri saudara tolong sekalian kasih info dari mana sy bisa dapatin bibit yg baik Terimakasih

    BalasHapus
  5. Terima kasih sudah berbagi ilmunya, semoga bermanfaat bagi penulis, bagi pembaca dan orang-orang sekitar kita, dunia dan akhirat. Amin .....

    BalasHapus
  6. Saya sudah coba ternak puyuh dengan skala kecil,umur puyuh saya sudah 45 hari,kok belum jg bertelur,apa solusinya ya?
    Mksi buat penulis...

    BalasHapus
  7. Saya sudah coba ternak puyuh dengan skala kecil,umur puyuh saya sudah 45 hari,kok belum jg bertelur,apa solusinya ya?
    Mksi buat penulis...

    BalasHapus
  8. Saya peternak puyuh & bebek di lampung, tolong info & bantuanny untuk pengepul telur puyuh & bebek karna saya bingung harus menjual hasil ternak saya... Bisa hubungi 081253638404

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Industri peternakan puyuh benar-benar potensial sekali untuk digarap. Tapi sebelum terjun ke dunia bisnis puyuh kita harus cari ilmunya dulu agar siap. Seperti ilmu puyuh di nyreseh.blogspot.com ini, sangat bermanfaat bagi pemula.

    Untuk memperkaya wawasan kunungi juga konsultasipeternakan.blogspot.com, disini terdapat informasi yang biasa dibutuhkan pengusaha peternakan puyuh.

    Semoga sukses.

    BalasHapus
  11. mantap gan
    ----------


    HP - 0812 8219 3519 Pin BB. 75042A5F

    Tips Memaksimalkan pendapatan
    Mau pendapatan tambahan, bisa dikerjakan dirumah maupun ditempat kerja
    http://moment2family.com

    Bisnis Dashyat 2016
    Info Bisnis Hasil Min Rp. 125.000,- Temukan Disini
    http://supportbisnismoment.blogspot.co.id/2016/06/testimoni-sukses-bisnis-moment.html

    Pengobatan Kista/Miom
    Info Pengobatan Kista/Miom Temukan Disini
    http://supportbisnismoment.blogspot.co.id/2016/06/moment-glucogen2.html

    Pusat Sabun Sereh Semarang
    Menyediakan berbagai Sabun Sereh Pompia, Sando , Bunga Bakung, Sabun Susu SGSA
    http://menorehshop.blogspot.com

    Membantu Mengatasi AUTISME
    Berangsur terlepas dari kewajiban CUCI DARAH,
    Dan masih banyak lagi
    http://alphametabekasi.blogspot.co.id/

    Rahasia Idaman Wanita
    Yang mendambakan Payudara indah
    http://bisniselastica.blogspot.co.id/

    Rahasia Wanita
    Rahasia wanita yang makin percaya diri dengan pasangannya
    http://bisnisexsotiva.blogspot.co.id/


    BalasHapus
  12. Sebagai sentra peternakan puyuh terbesar dijawabarat, kami memberikan harga yang sangat kompentitip, mudah diakses dan transparan.
    selain menjual produk, kami juga memberikan program-program yang sangat dibutuhkan peternak.
    salah satu program unggulan www.rudipuyuhindramayu.com adalah kredit pembelian burung puyuh

    BalasHapus
  13. Mantan Bagus infonya gan akan saya coba ditempat saya di perumahan di lamongan

    BalasHapus
  14. Mantan Bagus infonya gan akan saya coba ditempat saya di perumahan di lamongan

    BalasHapus
  15. Kami menyediakan BIBIT PUYUH UNGGUL utk peternakan puyuh anda.
    Lokasi kandang kota Payakumbuh, sumatra barat
    HP/WA : 085274205544

    BalasHapus
  16. JANGAN LEWATKAN PROMO MENARIK DARI KAMI

    HUBUNGI KONTAK Kami
    BBM : D8E23B5C
    WHAT APPS : +85581569708
    LINE : togelpelangi
    WE CHAT : togelpelangi
    LIVE CHAT 24 JAM : WWW-ANGKAPELANGI-NET

    Ayo coba keberuntungan anda
    jutaan rupiah menunggu anda

    BalasHapus
  17. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Dapatkan Tips Jitu Bermain Poker Disini

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

    Gunakan OVO pay untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS PROMO BULANAN

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    YM : Cs.Donacopoker
    BBM : DONACOPOKER
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662
    WECHAT : Donacopoker

    BalasHapus
  18. Belum Pernah Dapat Jackpot Slot? Cobalah Bermain Slot Kami...
    Winning303.org
    Rasakan Jackpot Setiap Hari...Dapatkan Juga Bonus Rollingan Setiap Hari....
    Seru Bukan??? Yang Pastinya Anda Tidak Akan Berpaling Lagi...

    Mainkan Permainan Lainnya Dengan 1 User ID Saja...
    1. Live Casino
    2. Poker
    3. Sportsbook
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244

    BalasHapus