Minggu, 11 Mei 2014

CARA MERAWAT AYAM ( PELUNG )

Posted by Unknown On 03.28 4 comments


   
CARA MERAWAT AYAM PELUNG
Ayam pelung merupakan salah satu ayam yang digolongkan sebagai ayam hias yang bisa dinikmati keindahan dan kemerduan suaranya, sekaligus juga dimanfaatkan sebagai ayam petelur dan pedaging yang unggul. Keunggulan ayam pelung sebagai petelur dikarenakan ayam ini mampu bertelur sebanyak 30 butir per periode. Pertumbuhannya juga tergolong pesat, bahkan bobot ayam pelung jantan yang sudah dewasa bisa mencapai 8 kg. Karena itu, ayam ini sangat baik jika dikawinsilangkan dengan ayam kampung untuk mendapatkan keturunan ayam besarSaat ini, para penggemar dan peternak ayam pelung banyak memanfaatkan ayam ini sebagai ayam hias untuk dinikmati keindahan suaranya dibandingkan dengan memanfaatkannya sebagai ayam petelur dan pedaging. Hal ini bisa dimaklumi karena harga jual ayam pelung sebagai ayam penyanyi sangat tinggi. Apalagi jika pernah menjuarai sebuah kontes, tidak hanya ayam tersebut yang berharga mahal, tetapi harga jual keturunannya juga melambung.Kunci keberhasilan para hobiis dan peternak ayam pelung untuk menjadikan ayamnya juara adalah dengan memaksimalkan beberapa kebutuhan pokok ayam seperti pemilihan indukan, pemilihan dan perawatan bibit, pemilihan dan pemberian pakan, penanggulangan penyakit, sampai perawatan menjelang kontes.Oleh sebab itu, memelihara ayam pelung untuk kepentingan kontes diperlukan perlakuan khusus. Peternak, hobiis, atau pebisnis ayam pelung mesti memiliki pengetahuan yang memadai dalam memelihara, merawat, dan melatih ayam pelung. Tujuannya, agar menghasilkan kualitas ayam pelung yang baik, prima, dan siap kontes.Buku “Cara Tepat Merawat & Melatih Ayam Pelung” yang disusun Beberapa Pecinta Ayam Pelung ini akan membimbing Anda bagaimana merawat dan melatih ayam pelung secara lengkap dan praktis, baik untuk tujuan ayam hias maupun ayam pedaging dan petelur. Buku yang diterbitkan Beberapa Pecinta Ayam Pelung ini berisi berbagai hal seputar ayam pelung, mulai dari sejarah perkembangannya; tip memilih ayam pelung induk dan bakalan; pemeliharaan, mencakup pembuatan kandang, pemilihan, dan pemberian pakan; penetasan; pengendalian penyakit; dan persiapan menghadapi kontes, dari seluk beluk kontes sampai sistem penjurian.

Memilih dan Melatih Ayam Pelung Unggulan


Ayam pelung (Gallus gallus radiatus) merupakan ayam hias bersuara merdu yang banyak dikembangbiakan di daerah Jawa Barat. Ayam ini merupakan plasma nutfah Kabupaten Cianjur, namun kini sudah “go nasional” dan banyak dibudidayakan di daerah lain di Indonesia. Memilih, merawat, maupun melatih ayam pelung jelas berbeda dari ayam peliharaan lainnya. Sebab ayam pelung memiliki bobot besar, dan suara kokok yang super-panjang.
Indonesia memang kaya dengan beragam jenis unggas hias, khususnya ayam, mulai dari ayam kokok balenggek dari Minang, ayam cemani dari Kedu, ayam ketawa dari Sulawesi Selatan, ayam nunukan dari Kalimantan Timur, hingga ayam pelung dari Cianjur.Artikel kali ini membahas mengenai ayam pelung, terutama dari aspek seleksi (pemilihan) bibit, perawatan, hingga aspek lomba / kontes

Ayam pelung jantan


Ayam pelung banyak dijual di pasar unggas, biasanya menyatu dengan penjualan unggas jenis lain termasuk burung kicauan.Selain di pasar unggas, Anda pun bisa membeli bibit, ayam remaja, dan ayam dewasa dari para peternak. Apalagi banyak peternak ayam pelung yang buka lapak di forum jual-beli online.Memilih ayam pelung berkualitas membutuhkan kejelian, juga  pengalaman tersendiri. Para peternak biasanya memisahkan ayam pelung yang memenuhi kriteria unggulan, sehingga saat kita hendak membeli, mereka biasanya akan menunjukkan produk siap lomba, atau ayam muda yang memiliki prospek bagus untuk lomba.
Berikut ini beberapa ciri dari ayam pelung jantan yang dapat dijadikan panduan bagi Anda :Ayam pelung sudah berusia 1 tahun atau lebih.Bentuk kepala bundar atau lonjong besar, dengan mata beralis, mata bersinar, dan wajahnya tampak beringas. Ini menandakan ayam memiliki sifat pemberani atau bermental tinggi.Bobot badan minimal 5 kg. Makin berat bobotnya, biasanya makin baik penampilan ayam tersebut. Ayam pelung merupakan salah satu jenis ayam bukan ras (buras) yang bertubuh paling bongsor. Sebab ayam buras jantan umumnya hanya berbobot 2,5 kg.Suara atau kokoknya panjang dan bersih.Aktif bergerak (energik) dan berjalan dengan tegap (gagah).Sering mengais-ngais tanah, baik untuk mencari sisa pakan atau memenuhi kebutuhan mineralnya.
Memiliki jengger berbentuk tunggal, dengan ukuran besar, tebal, dan selalu tegak. Bagian pinggir jengger bergerigi dengan warna merah menyala.Paruhnya kuat, tebal, dan runcing.Warna kaki sama dengan warna kukunya.Memiliki sepasang pial (gelambir di bagian dagu) yang berukuran besar, membulat, dan berwarna merah menyala.Lehernya besar, panjang, ditumbuhi bulu-bulu lebat bewarna merah-hitam mengkilat.Temboloknya besar dan menonjol, sedangkan dadanya bidang, lebar, dan kuat.Kedua sayapnya kokoh, dengan bulu sayap tersusun rapi dan tampak mengkilap.
Bulu ekornya menjurai panjang.Kedua kakinya panjang dan kuat, berbentuk seperti persegi, dengan sisik-sisik yang rapat dan bersih, serta memiliki taji / jalu yang besar. Cakarnya juga besar.Warna kaki yang baik adalah hitam kebiruan, hitam kehijauan, atau putih keabuan. Warna kuning pada kaki menandakan ayam pelung jantan tersebut sudah bukan lagi galur murni, tetapi tercampur dengan genetik ayam kampung biasa. Hanya saja, fakta di lapangan menunjukkan, banyak ayam pelung berkaki kuning yang memiliki suara kokok dan penampilan bagus.Paha berdaging tebal, yang menunjukkan kekuatan otot di bagian tersebut.Postur tubuh secara keseluruhan besar dan panjang, dengan bagian depan badan lebih besar, kemudian ke belakang mengecil.

Membuat Kandang Ayam pelung


Kandang ayam pelung merupakan tempat tinggal untuk ternak, termasuk ayam pelung, yang berfungsi untuk membatasi gerak dan melindungi ternak dari cuaca yang tidak menguntungkan. Gerakan yang terbatas brguna untuk menghemat energi ternak., sehingga dapat disimpan untuk produksi daging dan telur. Selain itu, ternak yang dilindungi dari cuaca buruk dapat lebih tahan dari serangan penyakit.
Pada awalnya peternak ayam pelung memperlakukan ternaknya seperti beternak ayam buras. Ayam pelung dibiarkan berkeliarkan mencari makan sendiri. Kemudian pada malam harinya dibiarkan tidur disembarang tempat.Selanjutnya peternak mulai membuatkan kandang dan mulai memisahkan perkandangan sesuai periode umur dan jenis kelamin. Namun peternak masih memberi tempat untuk mengumbarnya dalam pekarangan yang berpagar. Pemeliharaan sistem ini mengharuskan peternak menyediakan pekarangan yang lebih luas jika jumlahnya lebih banyak.Kini peternak yang memiliki lahan sempit pun tetap dapat beternak ayam pelung dalam jumlah besar dengan menggunakan sistem antara semi intensif dan intensif. Pada sistem ini terkadang terbagi dalam periode umur tapi tidak memakai tempat umbaran lagi. Ayam pelung tetap tinggal di dalam kandang sepanjang hidupnya.

Kontes Ayam Pelung

          Hadir dalam acara ini Ketua Himpunan Peternak dan PenggemarAyam Pelung Indonesia (HIPPAPI) Bogor, Hendi Gumilar. “Pelung merupakan salah satu ayam asli Indonesia, yang terkenal di dunia karena kemerduan suara dan bobot fisiknya yang besar,” kata Hendi.
Bahkan, ujar Hendi, Pangeran Mahkota Naruhito dari Jepang yang dikenal sebagai pemulia ayam, menaruh perhatian besar terhadap ayam pelung. Saat berkunjung ke Indonesia beberapa tahun lalu, Pangeran Naruhito membawa beberapa ekor pelung untuk dikembangbiakan di Jepang.
Seperti diketahui, pelung merupakan ayam lokal unggulan dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Penyelenggaraan kontes-kontes ayam pelung di berabgai daerah, seperti yang diadakan Fapet IPB, bisa mendukung aktivitas melestarikan ayam asli Indonesia tersebut. Ayam pelung juga sudah dipatenkan dan memiliki sertifikasi sah secara hukum sebagai plasma nutfah asli Indonesia. Jadi, negara lain nggak bisa mengaku-ngaku lagi.

Kontes Ayam Pelung                                                    Kontes Ayam Pelung
Kontes ayam pelung juga menjadi salah satu upaya untuk menaikkan pamornya, serta meningkatkan kualitas dan harga.Nilai jual ayam pelung sampai saat ini. Harga ayam jawara kontes pun bisa melambung hingga Rp 50 juta atau lebih.Kontes ayam pelung biasanya menitikberatkan pada tiga hal, yaitu suara medu dan mendayu, ukuran / berat badan yang ideal-proporsional, dan performa penampilan.Berikut ini daftar pemenang Kontes Ayam Pelung Tingkat Nasional di IPB.
 Demikian informasi Tentang Perawatan Aym pelung.               
                                                                                                Terima Kasih.....

4 komentar:

  1. Cara merawat ayam pelung yang baik dan sesuai dengan kriteria peternakan yang super dapat anda baca dsini https://goo.gl/9yveZ2

    BalasHapus
  2. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Dapatkan Tips Jitu Bermain Poker Disini

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

    Gunakan OVO pay untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS PROMO BULANAN

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    YM : Cs.Donacopoker
    BBM : DONACOPOKER
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662
    WECHAT : Donacopoker

    BalasHapus
  3. Pernahkah merasa tertipu oleh agen yang sangat anda percayai?? yang menawarkan berbagai bonus dan kata-kata manis?? dan akhir yang anda dapatkan adalah kecewa??

    Saatnya Tinggalkan itu semua.. Kami hadir untuk mengembalikan semangat bermain anda..dapatkan pelayanan memuaskan yang nyaman dan tidak ribet..

    Dapatkan Proses Transaksi Deposit & Withdraw Yang Cepat dan Tidak Ribet..Bonus yang PASTI..
    Kami Tidak Takut Anda Menang...Kami Segan Jika Anda Kecewa...

    Winning303 Agen betting online yang sudah berpengalaman dan profesional..Hadirkan Permainan Lengkap dan Pelayanan Ramah serta Profesional yang membuat anda tidak akan berpaling lagi..

    Cukup 1 ID saja dan tidak perlu ribet ganti user id untuk bermain:
    -Sports
    -Poker
    -Live Casino
    -Slots
    -Lotere/Togel
    -Sabung Ayam'

    Winning 303 Banjir Hadiah Yukz gabung bersama kami dan Dapatkan Langsung

    Bonus New Member Slot 15%
    Bonus New Member Poker 10%
    Bonus New Member Sabung Ayam 10%
    Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
    Bonus Deposit 10% Setiap Hari
    Bonus Deposit 10% Slot Setiap Hari
    Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
    Bonus Cashback 5-10%
    Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
    Diskon Togel Hingga 65%
    Bonus Rollingan Slot 1%
    Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

    Yang Lain Sudah Bergabung...Sekarang Giliran Anda....

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus